Senin, 25 Maret 2019

Analisa Penggunaan Teknologi Informasi Secara Online (E-Ticketing) dalam Reservasi Tiket pada Maskapai Penerbangan

Pertumbuhan bisnis di dunia travel dan pariwisata baik dalam maupun luar negeri menunjukkan tingginya tingkat mobilitas dari suatu daerah ke daerah yang lain. Belakangan ini pertumbuhan agen-agen travel kian pesat guna mempermudah pendistribusian tiket dari suatu maskapai penerbangan tertentu untuk mempermudah pelayanan bisnis kepada pelanggan. Dengan berkembangnya teknologi dan kebutuhan akan informasi menyebabkan bertambah kompleksnya informasi yang harus bisa diolah, sehingga kebutuhan pengguna akan jaringan komputer bersama-sama semakin dipelukan. Penggunan jaringan secara bersama-sama ini bertumbuh membentuk jaringan komputer yang sangat besar tersebar diseluruh belahan muka bumi yang dikenal dengan nama Internet yang bisa diakses dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, oleh siapa saja, dimana saja, dankapan saja. Ada kelebihan yang dimiliki komputer dalam proses pengolahan data terlebih dalam pengelolaan data terhadap pelayanan resevasi tiket pesawat, ini merupakan penyebab mengapa komputer dijadikan sebagai alat pengolah data. Karena sistem komputerisasi bertujuan untuk mempercepat proses yang terjadi dalam suatu sistem khususnya dalam penjualan tiket pesawat terbang tersebut. Reservasi online merupakan suatu sarana untuk melakukan reservasi / booking tiket pesawat terbang secara online dan realtime darimana saja dan kapan saja dan anda dapat langsung melakukan reservasi ke sistem airline.

Adapun tahapan analisis sistem yang dimaksud, antara lain:
1. Kelemahan E-Ticketing 
  • Ada kekhawatiran mengenai jaminan keamanan atas kode-kode kartu kredit, ATM, dan lain-lain.  
  • Pemesanan E-Ticketing  dilakukan secara online atau melalui internet dan tidak semua orang  mengerti tentang internet artinya belum bisa mengoprasikan internet itu sendiri. Belum semua orang mengetahui tentang bagaimana caranya memesan tiket secara online.
  • Belum semua orang mengetahui dan paham betul tentang E-Ticketing .
2. Keuntungan E-Ticketing 
  • Kemudahan Pengguna dapat mudah mengerti dalam melakukan pemesanan tiket melalui layanan ini.  
  • Keamanan Pengguna diberikan fasilitas login dan hanya 1 orang dengan 1 nama yang sudahterdaftar sebelumnya yang bias mengakses layanan menu utamanya.
  • Keuntungan Pengguna diuntungkan dengan masalah waktu dan tenaga dalam melakukan  pemesanan serta adanya discount atau potongan harga jika pengguna sudah menjadi pelanggan tetap.
  • Kenyamanan Pengguna dapat melakukan pemesanan dengan nyaman, tanpa adanya gangguan.
 3. Efisiensi Dana dan Waktu melalui E-Ticketing 
  • Mengurangi biaya yang terkait dengan pencetakan dan mailing  tiket.  
  • Mengurangi biaya pencetakan tiket untuk stok, amplop dan pos.
  • Mengurangi biaya pembayaran tenaga kerja yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket.
  • E-Tiketing  selamat dan aman. Barcode validasi menghilangkan kemungkinan  palsu dan duplikat.
  • Tidak ada biaya pengiriman karena pelanggan dapat mencetak tiket elektronik mereka  segera setelah mereka membelinya.
  • Penjualan melalui website bisa memproses ribuan bokingan perhari, sehingga  bisa.
  • Melayani lebih banyak penumpang ketimbang menjual lewat call centre atau kantor penjualan. Selain itu, pihaknya juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa atau menggaji karyawan costumer service.
  • Dengan E-Tiketing  tidak perlu bawa-bawa tiket ke airport. Apabila hilang maka bisa di print ulang dan tidak dikenakan biaya tambahan (gratis). Harga yang tertera sangat jelas, tidak seperti tiket jenis lama yang seringkali tidak terbaca.
  • Bagi maskapai penerbangan sendiri, E-Ticketing juga memperkecil biaya  pelayanan, sehingga harga tiket juga dapat ditekan.
  • Bagi konsumen terhindar dari kehilangan tiket pesawat secara fisik, karena  pada dasarnya, setelah kode booking di konfirmasi, nama penumpang telah tercatat di system airlines. Penumpang terhindar dari resiko volid tiket yang disebabkan kesalahan penulisan pada paper ticket oleh travel agent.
  • Penumpang tidak perlu bertemu secara fisik dengan travel agent karena E-Tiket  bisa dapat melalui Fax, atau hanya berupa sms kode booking, dan  pembayarannya bisa dilakukan dengan transfer via ATM atau internet/sms banking.
4. Efisisensi Dana dan Waktu Melalui Cara Konvensional
  • Penumpang langsung bertemu secara fisik dengan travel agent  sehingga informasi yang diperoleh lebih mudah dimengerti.
  • Tidak akan terjadi kesalahan tujuan yang tercantum pada tiket sebab  pembelian dilakukan secara langsung sedangkan melalui E-Ticketing bisa terjadi kesalahan apabila konsumennya kurang paham akan system online.
  • Keamanan transaksi relative lebih terjamin disbanding E-Ticketing yang harus membayar via kredit card atau transfer melalui ATM.

Dampak Positif Pada Maskapai Penerbangan

Berikut beberapa penjelasan dampak positif dari penerapan e-business pada maskapai penerbangan :   
1.        Bagi perusahaan 
  • Memperpendek jarak
Perusahaan maskapai penerbangan dapat memberikan pelayanan kepada pelangganya bukan hanya secara langsung membangun gedung center disetiap lokasi namun dapat melalui website dan applikasi yang telah disediakan berbagai fitur mulai dari pengecekan jadwal, pemesanan, cek kode booking, promo, dan pembayaran melalui e-payment. Hal ini memberikan keuntungan untuk memperpendek jarak antara perusahaan maskapai dengan pelanggan. 
  • Perluasan pasar
Promosi dan penjualan bukan terbatas di lokasi namun bisa melalui website dan applikasi yang telah dibangun oleh perusahaan maskapai. Sehingga menarik pelanggan dari berbagai macam daerah bahkan Negara. 
  •       Biaya yang terkendali
Dengan menggunakan bisnis berbasis teknologi, perusahaan maskapai penerbangan tidak perlu lagi melayani secara fisik atau langsung di lokasi. Melalui website, applikasi dan call center yang mereka bangun sehingga dapat melayani permintaan pelanggan 
  •      Kerjasama dengan mitra
Perusahaan maskapai penerbangan dapat melakukan kerjasama dengan perusahaan lain seperti hotel, transportasi umum.  
  •      Efesiensi
Dari segi efesiensi ada pengehematan dari segi waktu karena maskapai penerbangan menyediakan layanan e-ticketing. E-ticketing secara umum adalah suatu cara untuk mendokumentasikan proses penjualan dari aktifitas perjalanan pelanggan tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik ataupun paper ticket. Sehingga dapat menghemat waktu tanpa haru mencetak tiket dan mengirimnya. 
  •      Cash flow terjamin
Cash flow perusahaan terjamin karena perusahaan maskapain penerbangan menerima pembayaran terlebih dahulu sebelum kode booking dikirim ke pelanggan. 
  •     Dan dampak positif lainnya yang didapatkan yaitu citra perusahaan karna pelayanan yang mudah dan promo-promo yang dilakukan serta menyederhanakan proses.  
      2. Bagi Pelanggan
  •      Efektif 
Pelanggan memperoleh informasi dan berinteraksi setiap saat dengan akurat, cepat, dan murah. Hanya dengan mengakses website dan applikasi yang telah disediakan perusahaan maskapai 
  •      Biaya terkendali
Pelanggan tidak perlu lagi menggunakan transportasi untuk mengunjungi lokasi perusahaan maskapai untuk mencari informasi harga, memesan tiket dan lainnya Karena semua dapat dilakukan melalui website dan applikasi. Sehingga pelanggan tidak mengeluarkan biaya yang banyak. 
  •      Aman secara fisik
Aman secara fisik disini adalah pembayaran tiket yang telah dipesan dapat dilakukan dengan mentransfer tanpa perlu lagi membawa uang cash. Sehingga tidak ada rasa takut untuk dicopet atau ada perampasan. 
  •      Fleksibel
Pelanggan dapat melakukan transaksi dimana dan kapan saja.
Dampak Negatif Pada Maskapai Penerbangan
         Berikut beberapa penjelasan dampak negatif penerapan e-business pada maskapai penerbangan :
     1.       Financial
Adanya penipuan terhadap perusahaan maskapai dengan penggunaan kartu kredit palsu pada saat pembayaran tiket online. Hal ini dapat merugikan perusahaan maskapai karena telah mengirimkan kode booking.   

     2.        Security
Dari segi keamanan yaitu keamanan informasi perusahaan maskapai yang ditampilkan di website atau applikasi yang bisa sewaktu-waktu dihacker atau dibajak oleh orang yang tidak berkepentingan. 
     3.        Jaringan
Dalam proses bisnis perusahaan maskapai yang berbasis e-business sangat bergantung pada teknologi dan jaringan. Jika pada sistem mengalami gangguan jaringan sangat merugikan perusahaan maskapai. Karena banyak perusahaan yang mengeluh dengan pelayanan. 
     4.        Rasa kepercayaan
Rasa kepercayaan yang dimaksud adalah kurangnya rasa kepercayaan pelanggan terutama orang Indonesia. Karena apa yang ada dilayar monitor berbeda dengan apa yang dilihat dengan kasat mata. Ini yang membuat kurangnya rasa kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan maskapai penerbangan.

Dampak dari penggunaan IT terhadap pihak-pihak lain yang membutuhkan maskapai penerbangan

E-business adalah penggunaan teknologi informasi untuk memudahkan proses bisnis, melakukan e-commerce dan menyediakan kerjasama untuk mendukung komunikasi perusahaan(Herman, Yakub 2010:86). Pengertian lainnya e-business adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-business dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis (Wikipedia Indonesia). Sehingga dapat disimpulkan e-business adalah suatu bentuk sistem transaksi atau kegiatan yang melibatkan teknologi serta jaringan untuk menjalankannya yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok untuk memudahkan kegiatan bisnis.

Kemajuan teknologi sekarang semakin pesat terbukti dengan persentase penggunaan internet di Indonesia yaitu sebesar 8,7% (sumber: worldbank). Hal ini membuktikan teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Teknologi dan internet memberikan kemudahan kepada pemakainya dan memberikan banyak informasi yang dibutuhkan. Pengguna teknologi mencakup seluruh orang didunia dan bidang industri lainnya. Salah satu nya perusahaan, perusahaan industri dibidang apapun telah menggunakan teknologi . Perusahaan dibidang industri apapun selalu memperhatikan teknologi yang mereka gunakan agar dapat bersaing dalam dunia bisnis. Salah satu cara perusahaan untuk dapat bersaing adalah dengan penerapan e-business di perusahaan mereka. Apapun jenis industri perusahaan mereka, semuanya menerapkan sistem e-business. Pengembangan teknologi e-business tidak asing lagi disemua perusahaan, e-business memberikan kemudahan dalam setiap transaksi bisnis mereka.

Pada  maskapai penerbangan penggunaan teknologi menjadi bagian dari proses bisnis mereka. Pengguna maskapai penerbangan hampir 27% pada tahun 2009  untuk pengunjungan kawasan Asia Pasifik. Indonesia menjadi Negara yang mengalami perkembangan yang cukup baik untuk industri penerbangan. Pada tahun 2013 dan tahun 2014 diprediksi pertumbuhan penumpang pesawat berada di kisaran 15% sampai 18%. Tahun 2012, Kementerian Perhubungan memperkirakan total penumpang yang diangkut maskapai penerbangan nasional berjadwal sebanyak 72.472.054. Dari jumlah tersebut, 63.625.129 merupakan penumpang domestik dan 8.846.925 penumpang internasional (sumber: beritasatu). Hal ini membuat perusahaan penerbangan menerapka teknologi yang baik agar dapat bersaing didunia bisnis penerbangan. Penerapan teknologi e-business menjadi pilihan perusahaan  i penerbangan agar dapat bersaing. E-business sendiri sudah  banyak digunakan oleh perusahaan  penerbangan. Hal ini membuat penulis tertarik untuk membahas bagaimana e-business digunakan di dalam maskapai penerbangan.



1 komentar:

  1. saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus

READING COMPREHENSION

Causes of Floods Floods are second only to fire as the most common of all natural disasters. They occur almost everywhere in the world...